Endah Purwaning Tyas, Aku Percaya Pikiran Positif Membawa Energi yang Positif

Endah Purwaning Tyas, Aku Percaya Pikiran Positif Membawa Energi yang Positif

Endah Purwaning Tyas, yang biasa dipanggil Tyas, sedang mengandung anak pertamanya. Tyas adalah seorang penari profesional di Solo yang kerap aktif tampil di berbagai macam acara. Di masa 5 bulan kandungannya ini, Tyas sedang menjalankan project mengenalkan sifat apa adanya Ibu-Ibu dari Kota Solo melalui sosial media seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok yang bernama SIMBOK GANG. 


Memiliki anak adalah keinginan Tyas dari lama yang akhirnya dikabulkan oleh Tuhan. Tyas percaya, aura positif dari diri sendiri akan tercerminkan ke badan secara fisik. Begini kisahnya…


Sekitar kurang lebih 3 bulan untuk aku menyiapkan badanku agar lebih siap menghadapi kehamilan. Eh tapi baru 2 bulan ternyata aku udah gak sabar, aku udah pengen banget punya anak! Aku dan suami sudah sepakat untuk oke coba aja dulu. Sejak saat itu aku selalu coba tes kehamilan hahaha. Awalnya itu sempet gak berhasil. Setelah berkali-kali tes dan akhirnya melihat dua garis, rasanya kaget banget, kayak gak percaya gitu. Pokoknya bahagia banget.


Awalnya sih aku tetap ragu karena aku gak ngerasain apapun sedangkan teman-temanku yang hamil biasanya mual-mual, muntah, atau pusing. Akhirnya aku ke obgyn di minggu ke tujuh. Ternyata sudah terlihat kantungnya, sudah ada janinnya terlihat sedikit, sudah ada detak jantungnya juga. Rasanya tuh..


“Haah ini beneran apa engga” seneng, tapi bingung juga. 


Walaupun aku sudah banyak mempersiapkannya sejak sebelum hamil tapi ternyata pas kejadian beneran aku gak tahu harus ngapain. Akhirnya aku sering memantau salah satu bidan di Instagram. Lewat akun itu, aku jadi tahu apa yang harus aku lakukan, apa yang harus aku makan, vitamin apa yang harus dikonsumsi, olahraga apa yang bisa aku lakukan, dan lain-lain. Aku juga pernah mengikuti kelas onlinenya. Sebenarnya aku sudah mulai memperbaiki pola hidup sejak sebelum aku hamil seperti mengatur jam tidur dan olahraga. Aku sudah tidak tidur begadang lagi, tidur selalu terjadwal, makan makanan yang bergizi dan menutrisi. Pokoknya aku mengurangi makanan instan dan junk food deh, jadi banyakin makan buah dan sayur. Karena aku percaya kalau kehamilan yang terjadi di tubuh kita harus dibarengi dengan badan yang sehat sehingga bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. Kalau tubuh kita tidak sehat, nanti tubuh tidak siap menghadapi perubahan-perubahannya.


Sejak hamil memang ada beberapa perubahan yang aku rasakan. Yang pertama adalah napas. Napas jadi pendek-pendek yang akhirnya jadi gampang ngos-ngosan. Kedua, aku jadi lebih mudah lelah walaupun bukan yang lemas banget gitu loh. Misal, dulu aku bisa berjalan sejauh 5 km sekarang aku cuma bisa 3 km. Selain itu, kulit aku berubah banget. Dulu kulit aku kering banget, eh sekarang malah jadi agak berminyak. Terus badan jadi lebih berat. Itu sih pasti ya. Oh iya! Rambutku jadi rontok banget. Sudah hampir sebulan ini rambut ku rontok parah banget.


Hal yang aku pelajari dari masa kehamilanku sekarang adalah aku menjadi sadar bahwa apa yang kita pikirkan itu sangat berpengaruh dengan apa yang terjadi di badan kita. Selama pikiran kita positif, badan juga akan memberikan energi yang positif. Banyak orang yang bilang kalau Ibu hamil itu mood nya berubah-ubah. Selama ini aku selalu berusaha menjaga mood ku banget supaya selalu bagus dan itu terasa banget efeknya ke badan aku, jadi lebih enak. 


“Aku gak suka kalau aku hamil itu disamakan dengan orang sakit, aku gak suka diperlakukan seperti itu”


Aku bersyukur aku ngerasain hamil yang enak, hamil yang Aku rasain tidak semenakutkan itu, hamil menjadi bagian hidupku yang menyenangkan. Mungkin ini salah satu efek dari persiapan mental, fisik dan pikiran positif sehingga tubuhku juga jadi lebih mendukung. 


Sebenarnya sudah pengen banget buat ketemu langsung sama anakku ini. Sering banget bilang “aduh gak sabar, aduh gak sabar”. Nanti kita ketemu bulan Agustus ya, Dek. Pesanku buat dedek bayi di dalam perutku…

“Semoga si dedeknya sehat-sehat. Plasenta, air ketuban, semuanya juga aku doakan supaya mereka semua sehat terus jadi nanti keluarnya gampang, gak banyak drama-drama. Pokoknya nanti aku tungguin di sini yaa”

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang