Bunda Risma, Sekolah Online Merupakan Tantangan Bagi Seorang Guru

Bunda Risma, Sekolah Online Merupakan Tantangan Bagi Seorang Guru

Bunda Risma adalah seorang guru TK di sebuah kota Makassar. Menurut Bunda Risma, perubahan metode belajar tatap muka menjadi belajar online di awal tahun 2020 merupakan tantangan yang sangat besar bagi beliau dan semua tenaga pengajar. Ditambah lagi, guru diharapkan selalu siap dengan segala perubahan yang terjadi.


Bunda Risma merupakan salah satu keluarga dari #IbuPluie, beliau menuliskan kisahnya seperti ini…


Awal pandemi, saya sebagai guru sempat merasa gagal dalam menggunakan metode pembelajaran jarak jauh ini, dimana target pembelajaran adalah anak TK  yang memiliki kecenderungan sangat aktif dan sulit memusatkan perhatian, yang kadangkala membuat saya kehilangan semangat untuk mengajar. Terlebih lagi penyesuaian waktu Kami pengajar dengan pendamping anak di rumah (orang tua/pengasuh/keluarga) menjadi penghalang pembelajaran daring. Satu lagi yang menjadi bayang-bayang menyeramkan yakni jaringan yang tidak begitu bersahabat. Bisa dibayangkan Moms, anak lagi asyik belajar dan lagi semangat tiba tiba putus atau kresek kresek, suasana berubah menjadi penolakan belajar. Mimik wajah anak anak menjadi berwarna, ada yang semangat, ada tangis, dan yang tak terlupakan ada aksi kejar-kejaran dengan pendamping. Hehehe

 

Bu Risma Ibu Pluie   Bu risma 2 Ibu Pluie

Seiring berjalannya waktu, kami sebagai pengajar terus belajar dan belajar merancang pembelajaran menarik dan inovatif untuk anak didik, didukung dengan media digital dan sosial media yang begitu mendukung tenaga pendidik Indonesia.

 

Pembelajaran menggunakan media digital mengharuskan anak untuk menggunakan smartphone lebih lama, nah ini menjadi boomerang bagi orang tua yang sebelum pandemi membatasi hal tersebut. Hal ini juga yang menjadi keluhan beberapa orang tua untuk mengurangi tugas dan pembelajaran online lebih lama. Selain itu waktu pembelajaran yang harus disesuaikan dengan jam kantor, dimana sebagian besar orang tua Anak didik yang notabennya pekerja kantoran. 

 

Alhamdulillah selama belajar online mempunyai banyak waktu untuk keluarga di rumah dan pakaian yang semiformal, hehehe.

 

Jika ditanya dan disuruh memilih antara sekolah online maupun offline, saya jauh lebih menginginkan sekolah tatap muka. Saya sangat merindukan canda tawa mereka, celotehan mereka, senyum mereka dan pastinya memudahkan evaluasi pembelajaran yang menjadi indikator perkembangan anak. 

 

Akhir kata, yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Marilah kita lahiran murid murid yang hebat, karena guru yang berhasil  adalah guru yang bisa menjadikan muridnya lebih hebat dari dirinya. Salam untuk orang tua yang telah menjadi guru terbaik selama ini.




Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang