Tips Berpuasa untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Tips Berpuasa untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Berpuasa adalah sebuah ibadah yang dianggap penting oleh umat Muslim di bulan Ramadan. Puasa Ramadan berarti menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam. Puasa di bulan Ramadan dilakukan sebulan penuh sehingga penting untuk seluruh anggota keluarga untuk menjaga kesehatan tubuhnya.


Tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang lama tentu sangat berbeda dengan pola makan sehari-hari di luar waktu bulan Ramadan. Tubuh perlu melakukan penyesuaian agar kita bisa tetap beraktivitas normal. Yuk, kita pelajari apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa tetap sehat saat berpuasa.


Tips Berbuka Puasa

Makan makanan yang bernutrisi dan berkualitas adalah sebuah prioritas di bulan puasa ini. Makan makanan yang bernutrisi bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan imun. Awali berbuka puasa dengan minum air putih dan makanan manis yang cukup. Perhatikan jumlah makanan manis yang dikonsumsi karena makanan manis seperti sirup dan gula yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Buah-buahan manis adalah sebuah opsi yang baik untuk mengawali buka puasa. Hidangan berbuka puasa haruslah seimbang akan karbohidrat, sayuran, protein, susu, dan lemak alami. Ingat, makanlah dengan perlahan dengan porsi yang secukupnya. Makan yang berlebihan dapat menyebabkan perut mulas dan tidak nyaman.


Tips Makanan untuk Sahur

Sahur adalah waktu makan yang sangat penting yang tidak boleh dilewatkan. Di waktu sahur juga perlu mengkonsumsi makanan seimbang akan karbohidrat, sayuran, protein, dan susu. Namun ada catatan tambahan mengenai makanan yang baik untuk sahur. Konsumsilah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah (makanan berkadar gula rendah) seperti gandum, oats, sayur, buah, dan nasi merah. Mengkonsumsi makanan ini akan menghindari peningkatan kadar gula di darah dan membuat perut kita terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.


Makanan yang Perlu Dihindari

  1. Hindari mengkonsumsi garam terlalu banyak karena garam dapat meningkatkan potensi dehidrasi.
  2. Kurangi mengkonsumsi kafein karena kafein dapat meningkatkan produksi urin di tubuh yang juga dapat meningkatkan potensi dehidrasi.
  3. Lupakan sejenak hidangan yang mengandung banyak gula dan makanan cepat saji karena hidangan tersebut cenderung tidak memiliki banyak nutrisi dan membuat kenyang tidak bertahan lebih lama.
  4. Ganti cara memasak yang digoreng dengan memasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, ditumis, dan memasak dengan saus. Makanan berminyak dapat memperlambat metabolisme tubuh dan mengganggu pencernaan.

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum air putih jangan hanya saat berbuka atau sahur, justru air putih perlu dikonsumsi secara konsisten dari waktu buka sampai waktu sahur. Minumlah air putih minimal 10 gelas per hari. Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain air putih, mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi bisa menjadi makanan tambahan untuk menghidrasi tubuh. Contohnya adalah semangka, timun, tomat, dan buah beri.


Jangan Lupa Berolahraga

Kadang olahraga sering diabaikan saat berpuasa padahal olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu diingat bahwa energi yang kita miliki saat berpuasa berbeda dengan energi saat kita tidak berpuasa. Maka itu hindari olahraga yang berintensitas tinggi. Olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah berjalan santai, jogging, yoga, peregangan tubuh, dan bersepeda. Lakukanlah olahraga secara rutin selama 15 - 30 menit.


Nah, itu dia tips-tips yang perlu diingat untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Apabila Moms bertugas untuk menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa, pastikan hidangan yang disajikan bernutrisi dan berkualitas agar keluarga tetap sehat. Ajak sekeluarga untuk berolahraga bersama agar terasa lebih menyenangkan. Selamat berpuasa!


References

Ayaz Safi Lecturer and Co-Course Leader for MSc Sport and Exercise Nutrition. (2021, April 16). Ramadan: four tips to help you eat right and stay healthy. The Conversation. 

World Health Organization. (n.d.). Eastern Mediterranean Region. World Health Organization.

How to fast? The importance of fasting healthily. Abbott. (n.d.).

Chatur, A. (2021, April 9). Practical Tips to Safely Fast During Ramadan. Healthline. 

<a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang