Tanda-Tanda Bayi Lapar dan Butuh Menyusu

Tanda-Tanda Bayi Lapar dan Butuh Menyusu

Bayi bukan seperti kita yang jika lapar bisa langsung berbicara atau menyampaikannya dengan mudah. Bayi punya caranya tersendiri untuk menunjukkan bahwa mereka lapar dan butuh menyusu dari Ibunya. 


Mungkin Moms akan sadar bahwa bayi merasa lapar ketika bayi menangis. Nah, jangan sampai menunggu menangis Moms! Justru menangis menandakan kita telat menyadari bahwa bayi sudah menahan laparnya untuk waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana cara kita tahu bayi sudah merasa lapar? Yuk, cek tanda-tanda berikut!


Tanda Awal Bayi Merasa Lapar

  • Mengisap bibir atau lidah atau mengeluarkan lidahnya
  • Membuka dan menutup mulutnya secara terus menerus
  • Memasukkan jari atau tangannya ke dalam mulut

Tanda Bayi Lapar Tahap Selanjutnya

  • Mengarahkan dirinya ke payudara Ibu ketika digendong
  • Rewel dan gelisah
  • Tangan dan kaki tidak mau diam
  • Mengepalkan tangannya

Tanda Bayi Sudah Sangat Lapar

  • Mendengkur, mendesah, merintih, atau membuat suara-suara kecil lainnya
  • Menggerak-gerakkan kepalanya
  • Menangis

Menangis memang bisa menjadi tanda bahwa bayi lapar. Tetapi, menangis karena lapar, itu menandakan bayi sudah sangat lapar sehingga bayi frustasi dan akhirnya menangis. Ketika sudah seperti ini, akan sedikit susah untuk menenangkan bayi sehingga proses menyusui dan pelekatan menjadi lebih sulit. Lebih baik, Moms mengetahui tanda-tanda bayi lapar sebelum bayi menangis karena bayi akan menunjukkan tanda-tanda lapar sebelum akhirnya menangis.


Tanda bayi lapar lainnya yang mungkin familiar adalah ketika bayi mengisap tangan atau jarinya ke dalam mulut. Itu bisa menjadi benar, tetapi ketika bayi berumur 6 - 8 minggu, menghisap tangan atau jarinya belum tentu menandakan mereka lapar. Pada masa ini, bayi sudah dalam proses belajar untuk mengendalikan bagian tangannya dan mengeksplorasi hal-hal yang bisa dilakukannya dengan tangan mereka. Hal ini juga bisa menandakan bahwa gusi bayi mulai lunak dan mulai muncul gejala tumbuhnya gigi walaupun gigi baru akan tumbuh berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan kemudian.


Apakah ketika bayi tidur berarti mereka tidak lapar? Belum tentu Moms! Sebagian bayi memang langsung terbangun ketika mereka merasa lapar. Namun, ada pula bayi yang tetap terlelap walaupun sebenarnya tubuh mereka sudah membutuhkan ASI. Bayi yang baru lahir membutuhkan ASI sekitar 2 sampai 3 jam sekali atau 8 -12 kali dalam sehari. Jadi, apabila bayi selalu tidur, bangunkan bayi kira-kira setiap 3 jam sekali untuk memberikan ASI.


Menyadari tanda-tanda bayi lapar memang membutuhkan proses. Mungkin awalnya Moms hanya sadar ketika bayi menangis, tapi seiring Moms sering menghabiskan waktu dengan sang buah hati, Moms menjadi lebih peka akan tanda-tanda yang diberikan bayi ketika mereka lapar. Ingat Moms, bayi menangis bukan berarti bayi baru merasakan lapar, justru menangis adalah tanda akhir yang menandakan bahwa mereka sudah sangat lapar.


References:

Donna Murray, R. N. (2020, April 20). How to Know When Your Baby Is Hungry. Verywell Family.

Iftikhar, N. (2020, July 27). How to Recognize the Signs Your Baby Is Hungry. Healthline Parenthood. 

Karp, D. H. (2020, March 2). Signs Your Baby Is Hungry. Happiest Baby. 

Baby's Hunger Cues. Baby's Hunger Cues | WIC Breastfeeding.

Bonyata, K. (2018, January 15). Hunger Cues - When do I feed baby? • KellyMom.com. KellyMom.com.

<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by yanalya - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang