Tahan Konsumsi Ini Ketika Menyusui!

Tahan Konsumsi Ini Ketika Menyusui!

Memastikan bahwa Ibu yang sedang mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi sangatlah penting karena kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi oleh Ibu. Nutrisi apa saja yang dibutuhkan Ibu menyusui? Moms bisa membaca artikelnya di sini.

Selain memperhatikan makanan apa saja yang penting untuk dikonsumsi, Moms juga butuh memperhatikan makanan apa saja yang justru perlu dijaga kadarnya selama masa menyusui. Ini dia kandungan yang perlu dibatasi asupannya ketika Moms masih menyusui si kecil.

Kafein
Ibu menyusui perlu membatasi konsumsi kafein. Sebenarnya, kafein yang terserap di ASI sangatlah sedikit, cenderung tidak berbahaya apabila konsumsi kafein Moms sedikit. Maksimal mengonsumsi minuman berkafein adalah 2-3 gelas per hari. Minuman yang mengandung kafein adalah kopi, soda, minuman energi, teh, dan coklat.

Apa tanda bahwa Moms telah mengonsumsi kafein berlebih? Jika bayi lebih rewel setelah menyusui dimana Moms baru saja mengonsumsi kafein, itu berarti kafein yang dikonsumsi Moms sudah terlalu banyak sehingga terserap ke dalam ASI.

Alkohol

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol perlu diperhatikan. Kandungan alkohol juga bisa terserap ke dalam ASI. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari 0.5 gram per kilogram berat badan. Misalkan berat badan Moms adalah 65 kg, berarti alkohol yang boleh dikonsumsi maksimal 32,5 gram. Disarankan juga untuk tidak menyusui sampai 2 jam setelah mengonsumsi alkohol.

Seafood

Walaupun makanan laut memiliki protein yang tinggi, mengandung mineral dan vitamin yang bagus untuk ibu menyusui, jumlah makanan laut yang dikonsumsi perlu dibatasi. Sebagian besar makanan laut mengandung merkuri yang terakumulasi dalam daging ikan dan dapat ditularkan dari ibu ke bayi melalui ASI. Ini dapat memiliki efek buruk pada otak dan sistem saraf si kecil. 

Bukan berarti Moms tidak boleh sama sekali untuk mengonsumsi kandungan-kandungan di atas, namun Moms perlu menjaga dan membatasi asupan kandungan tersebut. Jangan sampai melebihi batas karena akan beresiko terhadap kualitas ASI yang nantinya akan diminum si kecil. Jaga kesehatan dan asupan Moms ya!

References

Centers for Disease Control and Prevention. (2020, October 8). Maternal Diet. Centers for Disease Control and Prevention. 

Gavin, M. L. (Ed.). (2014, June). Pregnant or Breastfeeding? Nutrients You Need (for Parents) - Nemours KidsHealth. KidsHealth. 

Bjarnadottir, A. (2020, July 30). Guide to the Breastfeeding Diet 101. Healthline. 

<a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by senivpetro - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang