Senam Hamil Bermanfaat untuk Ibu dan Janin

Senam Hamil Bermanfaat untuk Ibu dan Janin

Walaupun hamil kadang membuat kita rasanya ingin rebahan saja, tetapi ternyata melakukan olahraga ringan memiliki banyak manfaat untuk Ibu dan janin di perut loh Moms! Moms juga bisa melakukan senam hamil yang mudah dilakukan di rumah.


Senam hamil adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh Ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan sang Ibu. Melakukan senam hamil secara rutin dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan yang biasa dirasakan oleh Ibu hamil seperti sakit punggung dan mudah lelah. Berikut adalah manfaat-manfaat lainnya untuk sang Ibu maupun sang buah hati di perut.

  • Menstabilkan detak jantung dan sirkulasi darah
  • Mengurangi resiko obesitas dan penyakit komplikasi dari obesitas seperti diabetes dan hipertensi
  • Mempersiapkan kekuatan otot untuk masa melahirkan
  • Mengurangi kemungkinan melahirkan dengan cara wajib caesar
  • Mengurangi resiko melahirkan prematur
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan mental
  • Mempercepat pemulihan persalinan
  • Bayi memiliki jantung yang lebih sehat, BMI yang lebih ideal, dan meningkatkan kesehatan otaknya
  • Bayi memiliki berat badan yang sehat

Menurut The American College of Obstetrics and Gynecology, waktu yang disarankan untuk berolahraga di masa kehamilan adalah 30 menit. Olahraga perlu dilakukan secara rutin namun tidak perlu setiap hari. Saran ini ditujukan untuk Ibu hamil dalam keadaan sehat. Moms bingung harus senam yang seperti apa? Masa umur kehamilan yang berbeda, rekomendasi senam yang dilakukan juga berbeda. 


Senam di Trimester Pertama

Di masa trimester pertama, Moms bisa melakukan olahraga atau senam yang biasa Moms lakukan sebelumnya, asalkan kondisi kehamilan Moms sehat yaa. Ini adalah rekomendasi senam di trimester pertama untuk mempersiapkan perubahan tubuh selama hamil kedepannya:

  • Pelvic Curl dimana Moms mengangkat tubuh bagian perut ke atas sambil berbaring
  • Pelvic Brace dimana Moms mengencangkan otot perut
  • Kneeling Push-Up dimana Moms melakukan push-up yang bertumpu pada lutut
  • Squats dimana Moms mengencangkan otot untuk memelihara kesehatan punggung
  • Bicep Curls dimana Moms mengangkat beban ringan untuk melatih kekuatan lengan Moms saat nanti menggendong bayi secara terus menerus

Senam di Trimester Kedua

Di masa ini, rahim dan perut Moms sudah semakin membesar. Aktivitas fisik yang dilakukan perlu lebih diperhatikan. Moms perlu menghindari olahraga berintensitas tinggi seperti berlari dan melompat. Berikut adalah senam yang cocok untuk Moms di trimester kedua:

  • Incline Push-Up dimana Moms melakukan push-up dengan tumpuan tangan lebih tinggi, contohnya bertumpu di meja atau bangku pendek
  • Peregangan tubuh khususnya di bagian fleksor pinggul, paha depan, punggung bawah, bokong dan betis
  • Side-lying leg lifts dimana Moms berbaring menghadap samping dan mengangkat kaki ke atas
  • Mermaid Stretch adalah gerakan pilates untuk memanjangkan dan membentangkan badan bagian samping

Senam di Trimester Ketiga

Di masa trimester ketiga tubuh Moms sudah mempersiapkan diri untuk masa melahirkan. Moms perlu fokus melakukan aktivitas yang dapat melatih kesehatan jantung dan kekuatan otot perut. Ini adalah rekomendasi senam dan aktivitas yang bisa Moms lakukan di trimester ketiga:

  • Prenatal yoga
  • Pilates
  • Olahraga lantai bagian otot panggul

Untuk melihat bagaimana cara yang baik dan tepat untuk melakukan senam-senam di atas, Moms bisa mencari berbagai di internet video-video senam untuk Ibu hamil. Lakukanlah dengan pantauan ahli atau konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya Moms, untuk menjaga keamanan dan kesehatan Moms dan juga janin di perut Moms.


Ingat Moms, lakukanlah olahraga semampunya. Jangan memaksakan diri dan tetap melanjutkan ketika kita sudah di batas kelelahan. Apabila Moms mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, Moms harus berhenti berolahraga dan perlu berkonsultasi ke dokter.


Lakukanlah berbagai macam senam dan olahraga yang Moms sukai agar Moms selalu termotivasi dan semangat untuk terus melakukannya. Semoga Moms dan janin sehat dan lancar untuk persiapan persalinannya yaaa! 


References

Johnson, T. C. (2020, August 28). Pregnancy and Exercise. WebMD. 

Bellefonds, C. de. (2019, October 28). The Best Exercises for Pregnant Women. What to Expect. 

Lindberg, S. (2020, April 30). The Best Pregnancy-Safe Exercises at Home and the Gym. Healthline. 

Miller, A. (2020, June 24). Exercise tips for pregnancy: Types, benefits, and cautions. Medical News Today. 

<a href='https://www.freepik.com/photos/love'>Love photo created by senivpetro - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang