Posisi dan Pelekatan yang Tepat saat Menyusui

Posisi dan Pelekatan yang Tepat saat Menyusui

Mengetahui posisi dan pelekatan yang tepat bagi Moms saat menyusui sangatlah penting. Posisi menyusui dan pelekatan yang kurang sesuai dapat menyebabkan puting lecet dan mempengaruhi jumlah produksi ASI sehingga proses menyusui mungkin akan terasa lebih sakit. Hal-hal tersebut bisa menurunkan motivasi Ibu untuk menyusui dan membuat Ibu lebih merasa tertekan.

Mengetahui posisi dan pelekatan yang tepat memang perlu belajar terlebih dahulu. Langkah-langkah menyusui yang tepat agar proses ini menjadi lancar adalah:

  1. Cucilah tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Cari tempat dan posisi yang nyaman untuk menyusui. Moms bisa menggunakan bantuan bantal menyusui agar lebih rileks.
  3. Lap daerah payudara apabila berkeringat.
  4. Perah sedikit ASI dan oleskan ke puting dan sekitarnya. Hal ini bermanfaat sebagai desinfektan dan menjaga kesehatan puting*
  5. Gendong bayi secara tenang. Sebelum menyusui, Moms bisa menggendong bayi dengan tegak di antara payudara. Nikmati waktu tersebut untuk sekedar rileks bersama bayi terlebih dahulu.
  6. Biarkan bayi yang melakukan pergerakan awal. Jika dia tidak lapar, dia akan tetap meringkuk di dada Moms. Jika dia lapar, dia akan menggelengkan kepala dan menggeliat. Moms juga harus mempelajari tanda-tanda bayi lapar.
  7. Biarkan bayi mencari pelekatan yang tepat, jangan terlalu dipaksakan. Moms bisa membantunya dengan menyangga kepala dan bahunya saat proses ini terjadi. 
  8. Saat dagu bayi menyentuh payudara Moms dan menekannya, mulut bayi akan terbuka lebar. Pelekatan yang benar adalah ketika puting Ibu dapat menempel dengan dalam di mulut bayi

Apabila bayi masih kesulitan untuk melakukan pelekatan, Moms bisa melakukan hal-hal ini agar pelekatan dilakukan dengan tepat:

  • Gelitik bibir bayi dengan puting untuk mendorong mulutnya agar terbuka lebar.
  • Dekatkan bayi ke payudara Moms sampai dagu dan rahang bawah menempel ke payudara.
  • Perhatikan bibir bawah bayi dan arahkan sejauh mungkin dari pangkal puting sehingga bayi menyusu ke dalam mulut bayi.

Saat menyusui, Ibu akan merasa sakit hanya sekitar 30 detik pertama**. Apabila setelah itu payudara masih terasa sakit, perlu dicek kembali karena perlekatan mungkin belum dilakukan dengan benar. Perlu dicek juga apakah hidung bayi tertutup payudara atau tidak untuk memastikan bayi bisa bernafas dengan baik.

Ketika bayi selesai menyusui, ceklah puting Moms. Apabila puting terlihat seperti terjepit, bukan ditarik keluar, mungkin itu terjadi karena puting kurang masuk ke dalam mulut bayi saat menyusui.

Posisi dan pelekatan yang salah dapat membawa dampak yang kurang baik untuk Moms.

  • Puting menjadi lecet dan proses menyusui terasa menjadi lebih sakit
  • Proses menyusui yang didampingi rasa sakit akan menurunkan motivasi Moms untuk menyusui
  • Payudara membengkak akibat ASI yang tidak keluar secara efektif
  • ASI tidak keluar secara lancar sehingga bayi tidak merasa puas setelah menyusui
  • Bayi menggigit daerah payudara karena posisi yang tidak nyaman

Moms tidak perlu khawatir! Menyusui dengan posisi dan pelekatan yang tepat memang sebuah proses belajar yang perlu dilalui. Moms tidak sendirian kok, banyak Moms yang juga berjuang untuk melalui proses ini agar berjalan lancar. Apabila Moms butuh bantuan lebih lanjut, Moms bisa menghubungi konsultan laktasi atau bidan untuk mempelajari lebih lanjut cara menyusui dan pelekatan yang tepat. Semangat ya Moms!


References

Witkowska-Zimny, M., Kamińska-El-Hassan, E., & Wróbel, E. (2019). Milk Therapy: Unexpected Uses for Human Breast Milk. Nutrients, 11(5), 944. https://doi.org/10.3390/nu11050944 

Medela (2015). Research review Human milk safety and infection control

**How will I know if my baby is latched on correctly? BabyCentre UK. (2018, March). 

Suradi, R. (2013, August 27). Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. Ikatan Dokter Anak Indonesia. 

Marpaung, dr. R. M. (2021, February 1). Posisi Menyusui dan Perlekatan ASI yang Benar. Mamapapa.id. 

Getting a good latch. womenshealth.gov. (2018, August 28). 

<a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by freepic.diller - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang