Persiapan untuk Menghadapi Melahirkan Normal

Persiapan untuk Menghadapi Melahirkan Normal

Bagaimanapun caranya, apapun tekniknya, kapanpun berlangsungnya, tidak ada cara melahirkan yang lebih baik di antara yang lainnya. Keputusan ingin melahirkan normal atau operasi caesar ada di tangan Moms yang berhubungan kuat dengan kondisi fisik Moms. Apapun keputusannya, semua jenis cara melahirkan adalah baik.


Banyak di antara Moms yang menginginkan melahirkan normal. Melahirkan normal tentu ada kelebihan dan resikonya tersendiri. Kelebihannya adalah waktu pemulihan Moms setelah melahirkan akan lebih cepat**. Namun resikonya, Moms akan merasakan sakitnya melahirkan secara langsung karena Moms tidak mendapatkan anestesi layaknya melahirkan dengan operasi caesar.


Tentu saja melahirkan normal perlu ada persiapan yang harus dipersiapkan sejak awal agar proses melahirkan aman dan lancar sampai si kecil hadir di dunia nanti. Persiapan ini penting agar lebih merasa siap menghadapi apa yang mungkin akan terjadi kedepannya. Inilah persiapan yang perlu Moms lakukan!


Pilihlah dokter dan tempat melahirkan yang tepat

Dokter kandungan banyak sekali, tapi Moms butuh menemukan dokter yang cocok dan paling membuat Moms merasa nyaman. Moms bisa bertanya pengalaman teman-teman Moms lain yang sudah melewati proses kehamilan dan melahirkan. Jika Moms memutuskan untuk melahirkan secara normal dan kondisi tubuh Moms juga mendukung hal itu, carilah dokter yang memang mendukung penuh keputusan Moms. Begitupula dengan tempat Moms melahirkan. Di klinik, di rumah, di rumah sakit, pilihlah yang membuat Moms paling nyaman. Moms tetap harus mempertimbangkan kondisi kesehatan juga yaa


Persiapkan kesiapan mental

Melahirkan secara normal berarti Moms akan merasakan sakitnya proses persalinan secara langsung pada saat momen si kecil terlahir di dunia. Moms harus persiapkan mental untuk menghadapi hal tersebut. Kesakitan yang dirasakan bukan berarti ada sesuatu yang salah, melainkan hal itu memang wajar dan pasti terjadi. Kesiapan mental yang perlu dipersiapkan dari awal seperti sadar penuh akan adanya rasa sakit yang akan dirasakan nanti, perlu adanya persiapan-persiapan yang dilakukan sejak dini demi kelancaran proses melahirkan nanti, dan siap menerima dengan lapang dada apabila nantinya keputusan Moms untuk melahirkan secara normal tidak dapat dilakukan karena beberapa faktor yang penting seperti faktor keselamatan bagi Ibu dan bayi. Apapun caranya, percayalah bahwa dokter dan keluarga memilih keputusan terbaik untuk kondisi Moms dan si kecil.


Kesiapan mental juga perlu diikuti dengan banyaknya informasi yang harus Moms pelajari. Moms bisa dengarkan cerita-cerita para Moms lainnya yang sudah melahirkan, tanyakan kepada dokter, cari informasi sebanyak-banyaknya agar Moms bisa mempersiapkan semua hal dan Moms memiliki bayangan akan apa yang mungkin terjadi nantinya.


Untuk cerita pengalaman hamil pertama bisa baca #SuaraIbu di sini.


Olahraga secara rutin

Melahirkan membutuhkan tubuh yang sehat dan stamina yang kuat dan hal tersebut perlu dipersiapkan dari jauh hari sebelumnya. Lakukan olahraga rutin sejak awal kehamilan, baik kardio, melatih kelenturan tubuh, peregangan tubuh, dan yoga. Pastikan olahraga yang dilakukan aman untuk ibu hamil


Pelajari teknik, posisi, dan berbagai cara dan opsi melahirkan

Tahukah Moms kalau melahirkan tidak harus di tempat tidur dengan cara berbaring? Moms bisa mempelajari opsi lainnya seperti melahirkan dengan posisi squat atau melahirkan di air yang bagi kebanyakan orang hal tersebut dapat meminimalisir rasa sakit ketika melahirkan secara normal. Pelajari dan tanyakan kepada dokter untuk membantu membuat keputusan.


Ikuti kelas-kelas untuk Ibu hamil

Melahirkan secara normal tentu terasa lebih sakit ketika proses persalinan si kecil terlahir dari rahim ibu karena Moms tidak menggunakan obat-obatan sebagaimana jika Moms melahirkan dengan operasi caesar. Dengan mengikuti kelas-kelas khusus, Moms bisa belajar cara mengendalikan sakit ketika melahirkan, cara mengatur nafas yang baik, cara menghadapi proses melahirkan dengan rileks, dan banyak lainnya yang bisa membantu Moms melahirkan dengan kondisi yang lebih siap.


Hadapi setiap kontraksi dengan siap

Apakah Moms tahu bahwa kontraksi menjelang melahirkan akan terjadi dengan rentang waktu yang semakin pendek setiap kontraksinya? Mengetahui dan sadar bahwa kontraksi akan datang menjelang melahirkan membuat Moms akan lebih siap dalam menghadapi kontraksi-kontraksi tersebut. Dengan mengetahui informasi mengenai kontraksi-kontraksi sebelum melahirkan, Moms bisa mencari tahu dan berlatih sejak awal bagaimana cara menghadapi kontraksi tersebut dengan keadaan tubuh yang lebih rileks untuk meminimalisir ketidaknyamanan yang akan dirasakan nantinya. Karena, jika tubuh Moms dalam kondisi yang tegang, otot juga menjadi semakin tegang dimana kontraksi akan semakin terasa tidak nyaman.


Pastikan Moms mendapat support dari orang terdekat

Komunikasikan dari awal siapa yang akan menemani Moms ketika melahirkan. Mungkin Moms ingin dikelilingi oleh semua orang yang Mom sayangi baik pasangan, keluarga, atau teman. Pastikan orang yang berada di dalam ruangan saat melahirkan adalah orang yang mampu membantu Moms, baik secara proses teknik melahirkan maupun secara mental. Dengan komunikasi yang dilakukan sejak dini, siapapun yang akan menemani dan membantu Moms di momen yang berharga ini, mereka dapat mempersiapkan diri baik secara teknik atau mental sehingga mereka bisa mendukung dan mendampingi Moms secara maksimal.


Ingin banget melahirkan normal boleh-boleh saja, namun Moms perlu mempertimbangkan kondisi fisik Moms. Apakah tubuh Moms sehat dan kuat untuk melahirkan normal? Apakah Moms memiliki kompilasi penyakit yang mungkin membahayakan Moms sendiri atau janin? Semua harus dikonsultasikan terlebih dahulu yaa dengan dokter kandungan.


Moms, pertimbangkan dengan matang baik dengan dokter, keluarga, dan diri sendiri. Setiap Moms akan memiliki jalan terbaiknya masing-masing.  Apapun pilihan yang akan diambil, semua perlu dipersiapkan sejak dini agar mental dan tubuh Moms siap menghadapi hari spesial nanti!


References

Thorkelson, B. (2020, August 17). 13 Tips for Having a Successful Non-Medicated, Low-Intervention 'Natural' Birth. Parents.

Robin Elise Weiss, P. D. (2020, November 5). Your Guide to Natural Childbirth. Verywell Family. 

Horsager-Boehrer, R. (2020, June 30). 5 tips on natural childbirth from an Ob/Gyn who experienced it: Your Pregnancy Matters: UT Southwestern Medical Center. Your Pregnancy Matters | UT Southwestern Medical Center. 

Brown, M. (2021, May 3). 'Natural' Birth Without Pain Medication. What to Expect.

<a href='https://www.freepik.com/photos/baby'>Baby photo created by tirachardz - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang