Perlukah Ikut Kelas-Kelas Ibu Hamil?

Perlukah Ikut Kelas-Kelas Ibu Hamil?

Ketika Ibu mengandung si kecil dan ketika bayi terlahir, tidak ada buku manual bagaimana cara membesarkan dan mengurusnya. Terutama untuk orang tua yang sedang hamil anak pertama, pastilah banyak pertanyaan dan kekhawatiran mengenai persalinan, menyusui, dan parenting agar bisa memberikan yang terbaik untuk anak. Kelas Ibu hamil bisa menjadi sebuah solusi untuk Moms banyak belajar untuk mengatasi banyaknya ketakutan mengenai proses lahirnya si kecil.

Apa yang bisa dipelajari di kelas Ibu hamil?

Kelas Ibu hamil bermacam-macam, diantaranya adalah kelas untuk belajar mempersiapkan kelahiran, belajar mengetahui tanda-tanda melahirkan dan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi rumah sakit, belajar mengetahui berbagai macam posisi melahirkan, berlatih cara rileks dan mengatur pernapasan ketika melahirkan nanti, belajar menyusui, mengenal kebiasaan-kebiasaan bayi, parenting, dan masih banyak lagi.

Kapan waktu yang tepat untuk mengikuti kelas Ibu hamil?

Waktu mengikuti kelas berbeda-beda, tergantung jenis kelas apa yang akan diambil oleh Moms. Ada kelas yang bisa diikuti sejak awal kehamilan seperti olahraga untuk Ibu hamil, kelas untuk belajar apa saja nutrisi yang perlu dikonsumsi selama kehamilan, dan masih banyak lagi. Ada pula kelas-kelas yang cocok diambil untuk Ibu dengan usia kehamilan 6 atau 7 bulan seperti kelas teknik-teknik melahirkan.

Apa manfaat mengikuti kelas Ibu hamil?

  • Dengan mengikuti kelas Ibu hamil, Moms akan memiliki lebih banyak ilmu yang perlu diketahui dan dipersiapkan untuk nantinya sehingga bisa memunculkan rasa percaya diri yang lebih untuk menghadapi hari penting tersebut.
  • Berbagi kekhawatiran mengenai melahirkan, menyusui, parenting, dan isu lainnya kepada sesama orang tua atau guru/tenaga medis yang mengajar.
  • Mengenal para Ibu hamil sehingga bisa saling sharing pengalaman satu sama lain.
  • Kelas Ibu hamil bisa juga diikuti oleh pasangan sehingga Moms dan pasangan bisa belajar bersama-sama.
  • Mengatasi ketakutan menghadapi kelahiran si kecil.
  • Mengetahui apa saja opsi yang dimiliki untuk melahirkan, seperti posisi melahirkan, cara melahirkan, dan lain-lain

Bagaimana cara memilih kelas yang tepat?

  • Pastikan kelas yang diambil mendukung program cara melahirkan Moms yang ingin dilakukan. Contohnya, ketika Moms berencana untuk melahirkan dengan cara operasi sesar, pilihlah kelas yang mendukung penuh untuk Moms melakukan hal tersebut.
  • Saat ini banyak kelas yang menawarkan dalam bentuk online. Apabila kelas yang ditawarkan gratis, Moms bisa mencoba mengikutinya. Namun apabila kelas berbayar dan Moms perlu mempertimbangkannya, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah apakah cara komunikasi kelas tersebut satu arah atau dua arah. Maksudnya, apakah kita bisa bertanya kepada instruktur? Apakah kita diberi waktu untuk mempraktekkannya langsung saat kelas berjalan?
  • Tanyakan kepada instruktur mengenai kurikulum yang akan dibawakan di kelas. Pastikan kurikulumnya sesuai dengan kelas yang dibutuhkan oleh Moms.
  • Cari tahu bagaimana cara instruktur mengajar dalam kelasnya. Apakah kelas dibawakan dengan mengajar secara lisan saja atau akan ada bentuk visual? Apakah instruktur akan mempraktekkan langsung teknik-teknik yang dibutuhkan? Apakah kita sebagai Ibu hamil bisa belajar mempraktekkannya langsung bersama instruktur? Apabila cara mengajar sesuai dengan cara belajar Moms, itulah kelas yang tepat untuk Moms.
  • Perhatikan jumlah partisipan dari kelas tersebut. Idealnya, kelas berisikan 5 - 6 pasangan. Dengan jumlah yang sedikit, instruktur bisa lebih fokus mengajarkan kepada setiap pasangan secara individual. 

Kemana perlu mencari tahu kelas-kelas Ibu hamil yang tersedia?

Moms bisa tanyakan kepada dokter atau atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Pada umumnya, klinik atau rumah sakit bersalin menawarkan program kelas untuk Ibu hamil. Moms juga bisa bertanya kepada teman yang juga sedang hamil atau baru melahirkan. Dengan bertanya ke teman, Moms bisa mendapat referensi dan cerita pengalaman langsung mengikuti kelas-kelas tersebut.

Moms bisa mengajak orang lain menemani Moms selama mengikuti kelas-kelas tersebut. Moms bisa mengajak pasangan, sahabat, atau saudara. Dengan begitu, ketika Moms butuh bantuan nantinya, ada orang lain yang juga tahu apa langkah yang tepat untuk dilakukan.

Mengikuti kelas kehamilan tentu banyak manfaatnya! Untuk tahu bagaimana cara merawat bayi dan tubuh Moms sendiri, Moms perlu belajar sebanyak-banyaknya. Kelas Ibu hamil bisa menjadi salah-satu solusi untuk Moms, terutama untuk Moms yang akan menjadi Ibu pertama kalinya dimana biasanya penuh pertanyaan dan kekhawatiran mengenai seluruh proses ini. Apakah kalau sudah punya anak tidak perlu mengikuti kelas Ibu hamil? Belum tentu! Biasanya, beda anak akan memiliki pengalaman berbeda juga Moms. Kalau dirasa butuh, sangat bagus untuk Moms mengikuti kelas-kelas tersebut.

Moms bisa merencanakan kelas apa yang akan diikuti sejak awal masa kehamilan. Moms bisa memulai mencari kelas-kelas yang tersedia dan menyusun jadwal kapan dan kelas apa yang akan diambil. Berbincanglah dengan para Moms lain yang sedang hamil atau baru saja melalui masa kehamilan untuk sharing kelas-kelas rekomendasi untuk diikuti.


References

Masters, M. (2021, June 23). Your Guide to Birthing Classes. What to Expect. 

Birthing, breastfeeding, and parenting classes. The Office on Women's Health (OWH). (2019, January 30). 

Antenatal classes. Pregnancy Birth and Baby. (2019, August). 

<a href='https://www.freepik.com/photos/woman'>Woman photo created by standret - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang