Panik Menjelang Melahirkan? Coba Tips Ini untuk Membantu Moms Rileks!

Panik Menjelang Melahirkan? Coba Tips Ini untuk Membantu Moms Rileks!

Moms, rasa tegang dan panik muncul menjelang melahirkan memanglah wajar terjadi.  Akan tetapi Moms tetap perlu membuat diri Moms dan pikiran Moms rileks agar proses persalinan menjadi lebih lancar. Moms perlu tahu bahwa menjadi rileks datang dari tubuh dan pikiran kita dan juga dari lingkungan sekitar kita. Yuk Moms, kita cek apa pentingnya rileks menjelang melahirkan dan bagaimana tips-tips nya!


Salah satu hormon yang berperan penting ketika proses persalinan adalah hormon oksitosin. Hormon ini akan memberikan sinyal ke rahim untuk melakukan kontraksi rahim dan merangsang hormon-hormon lainnya yang membantu proses melahirkan. Nah, selain itu hormon oksitosin juga disebut sebagai hormon kebahagiaan. Hormon ini akan terbentuk di tubuh ketika Moms rileks dan bahagia. Maka itu, rileks menjadi penting saat menjelang kehamilan karena hormon oksitosin membantu memberikan sinyal dalam proses melahirkan dan bekerja paling optimal ketika tubuh sedang rileks dan bahagia.



Kontraksi menjelang melahirkan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, apakah masih bisa rileks? Kontraksi memang menimbulkan rasa sakit namun rasa sakit kontraksi di setiap Moms berbeda-beda. Semakin dekat waktu si kecil lahir, semakin pendek rentang waktu kontraksi yang terjadi dan rasa sakitnya pun semakin bertambah. Walaupun begitu, rasa sakit hanya dirasakan ketika kontraksi saja. Di antara waktu kontraksi dan kontraksi selanjutnya, Moms perlu memanfaatkan waktu ini untuk mencoba rileks sebaik mungkin. 


Hal yang pertama perlu dilakukan ketika Moms merasa tegang adalah menarik nafas dalam-dalam, hembuskan nafas keluar sambil merilekskan otot. Lakukan berulang kali sampai Moms merasa lebih baik. Kata-kata afirmasi juga bisa membantu Moms menjadi lebih tenang. Moms bisa berbicara kata-kata penyemangat untuk Moms sendiri atau meminta pasangan mengucapkan kata-kata lembut untuk membuat situasi terasa lebih baik.


Lingkungan sekitar merupakan faktor penting yang bisa membuat Moms merasa lebih rileks. Moms perlu memilih atau bahkan membuat keadaan lingkungan sekitar Moms menjadi lebih tenang dan nyaman untuk diri sendiri. Moms juga bisa memanfaatkan kelima panca indera untuk membuat tubuh menjadi rileks loh. Ini dia tips-tipsnya!


Penglihatan

Apa yang dilihat akan berpengaruh terhadap apa yang akan dipikirkan. Untuk membuat pikiran lebih rileks, lihatlah sesuatu yang membuat tenang. Contohnya, foto-foto ketika liburan dahulu atau bahkan baju bayi yang akan dipakainya nanti setelah si kecil sudah lahir. 


Pendengaran

Suara musik bisa mengatur suasana hati kita, seperti membuat sedih, membuat senang, membuat kita ingin tidur, atau bahkan membuat kita ingin bersenang-senang. Dengarkanlah jenis musik atau alunan lagu yang tepat. Mungkin alunan suara ombak di pantai, suara burung di hutan, dan suara daun-daun berhembusan dengan angin bisa membuat Moms lebih rileks.


Penciuman

Wewangian tertentu bisa membuat kita lebih rileks. Moms bisa mencoba lilin aroma terapi atau diffuser dengan essential oil. Aroma bunga melati dan lavender banyak digunakan untuk menciptakan suasana yang tenang. Moms bisa memilih aroma apapun yang Moms sukai.


Perasa

Mungkin di waktu menjelang melahirkan Moms tidak memiliki nafsu makan yang tinggi. Namun, menjaga tubuh agar tetap fit sangat penting agar Moms memiliki energi yang cukup untuk melalui ini semua. Jika tidak ingin memakan makanan berat, Moms bisa mencoba memakan snack atau cemilan sehat yang dapat menambah energi.


Peraba

Pijatan akan membantu Ibu merasa rileks. Moms bisa meminta tolong kepada pasangan untuk dipijatkan. Carilah referensi memijat yang tepat untuk Ibu hamil dan Ibu melahirkan agar hasil pijatan lebih maksimal.


Moms perlu belajar latihan relaksasi jauh sebelum waktunya melahirkan agar ketika melahirkan nanti, ketika keadaan membuat Moms menjadi tegang dan panik, Moms sudah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuat Moms lebih tenang sehingga mempercepat proses Moms menjadi rileks.


Manfaatkan semua celah waktu dan kesempatan untuk rileks, Moms. Cobalah melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks baik dari sisi penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba. Komunikasikan dengan pasangan dan buat lingkungan yang mendukung Moms untuk merasa rileks. Jangan sungkan untuk meminta bantuan pasangan atau orang-orang terdekat. Jadi, jangan panik lagi ya Moms.  Semoga proses persalinan Moms menjadi momen yang nyaman dan membahagiakan yaa:) 


References:

Relaxation Techniques to Help Contractions: American Pregnancy Associ. American Pregnancy Association. (2021, March 17). 

Approved by the BabyCentre Medical Advisory Board. (n.d.). Relaxation in labour. BabyCentre UK.

Putra, A. (2019, December 16). Oksitosin Adalah Hormon Cinta, Apa Saja Fungsinya? SehatQ.

<a href='https://www.freepik.com/photos/flower'>Flower photo created by freepic.diller - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang