Memperhitungkan Porsi dan Jam Makan itu Penting

Memperhitungkan Porsi dan Jam Makan itu Penting

Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu kunci menuju hidup sehat. Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan ketika memulai pola hidup sehat seperti makanan seperti apa yang baik dikonsumsi, seberapa banyak porsi yang perlu dikonsumsi, dan kapan jam makan yang tepat. Jika Moms sedang di masa menyusui, Moms bisa cek artikel berikut.

Kalori yang dibutuhkan setiap orangnya berbeda-beda, tergantung dengan jenis kelamin, umur, body type, dan seberapa aktif kegiatan yang dilakukan dalam keseharian. Berikut kira-kira kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang. Ingat yaa Moms, setiap orang bisa berbeda-beda. Moms bisa cek dengan kalkulator BMR di internet.

Karakter

Kalori yang Dibutuhkan

Anak umur 2 - 8 tahun aktif

1400 - 2000

Wanita dewasa aktif

1800 - 2000

Laki-laki dewasa aktif

2300 - 2500

Jika kegiatan harian tidak terlalu aktif secara fisik, kebutuhan kalori yang dibutuhkan 400 - 600 lebih sedikit. Sekarang sudah banyak aplikasi yang mampu mencatat berapa kalori yang telah dikonsumsi. Moms bisa download aplikasi tersebut dan mencatat setiap makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, cara terbaik untuk mengukur porsi makan adalah mendengarkan tubuh kita sendiri. Berhentilah makan ketika perut terasa nyaman, tidak lapar lagi, tapi jangan sampai kita merasa terlalu kenyang. Tunggu sekitar 20 menit, jika perut tidak lagi keroncongan, berarti makanan yang dikonsumsi sudah cukup. Namun jika ternyata tubuh masih lapar, silakan makan kembali secukupnya.

Tidak hanya porsi makan, waktu kapan kita makan juga perlu diperhatikan. 

  1. Sarapan penting untuk memulai hari dengan energi yang cukup. Jangan mengkonsumsi makanan dengan lemak dan kalori yang tinggi. Saat sarapan, lebih baik mengkonsumsi serat-seratan dan buah-buahan.
  2. Jika di antara waktu sarapan dan makan siang terasa lapar, mengkonsumsi snack itu boleh banget! Perhatikan snack yang dipilih dan konsumsi secukupnya hanya untuk mengganjal rasa lapar.
  3. Makan siang adalah waktu makan yang jarang sekali dilewatkan. Makan siang penting dalam menjaga energi untuk beraktivitas di sisa hari.
  4. Jika lapar di antara waktu makan siang dan makan malam, snack yang menyehatkan bisa menjadi opsi!
  5. Makan malam itu tidak dilarang kok, yang penting adalah perhatikan jam makannya dan porsi makanannya. Mudahnya, bagi 1 porsi piring menjadi 4 bagian yang rata: ¼ protein, ¼ karbohidrat, dan ½ piring untuk sayuran.

Untuk hidup sehat, Moms bisa mulai dari hal-hal kecil. Berhenti makan sebelum terlalu kenyang dan perhatikan jadwal kapan kita harus makan. Biasakan diri secara perlahan. Semangat menuju hidup yang lebih sehat Moms!

 

References

Orenstein, B. W. (2009, May 20). How to eat a healthy diet - healthy living center. EverydayHealth.com. 

Lehman, S. (2020, September 17). How to plan a healthy diet for one week Using meal plans. Verywell Fit. 

<a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by user14908974 - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang