Ini yang Perlu Moms Tahu Tentang Kolostrum

Ini yang Perlu Moms Tahu Tentang Kolostrum

Air susu pernah keluar dari payudara Moms padahal belum melahirkan? Bisa jadi itu kolostrum Moms! Sudahkah Moms tau apa itu kolostrum? Kalau belum tahu, Moms wajib banget membaca artikel ini karena kolostrum adalah makanan pertama yang sempurna untuk bayi.


Kolostrum adalah ASI pertama yang dihasilkan oleh Ibu. Pada umumnya, teksturnya lebih kental dan lengket, juga berwarna putih kekuningan. Sebenarnya, kolostrum mulai diproduksi pada umur kehamilan trimester 2. Itulah alasan kenapa ada air susu yang keluar sebelum melahirkan.


Ibu banyak menghasilkan kolostrum di hari pertama melahirkan sampai sekitar 2 hari setelah melahirkan. Di hari pertama, Ibu memproduksi sekitar 2 sendok makan kolostrum dan di hari kedua sampai ketiga Ibu memproduksi sekitar 4 sendok makan kolostrum. Karena itulah, ketika bayi menyusu untuk pertama kalinya, zat yang didapatkan bayi adalah kolostrum.


World Health Organization (WHO) sangat menyarankan Ibu untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena di masa itu Ibu memproduksi kolostrum yang punya banyak sekali manfaat. Pelajari apa itu IMD di sini


Manfaat yang dimiliki kolostrum disebabkan oleh kandungannya yang kaya akan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh bayi. Mari kita kenali bersama apa saja kandungan dan manfaat dari kolostrum!

  1. Bayi yang baru lahir belum bisa banyak mencerna berbagai kandungan, namun kolostrum merupakan makanan sempurna karena sangat mudah untuk dicerna oleh bayi yang baru lahir. Selain itu, kolostrum juga mempersiapkan sistem pencernaan bayi agar nantinya tubuh bayi dapat menerima kandungan-kandungan dalam ASI.
  2. Kandungannya kaya akan protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat.
  3. Kaya akan antibodi yang berfungsi sebagai imunisasi pertama untuk bayi.
  4. Kaya akan leukosit yang mampu melawan bakteri dan infeksi.
  5. Kaya akan secretory immunoglobulin A (SIgA) yang mampu melawan virus dan bakteri.
  6. Kaya akan vitamin A, K, B6, dan B12 yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  7. Kolostrum membantu mengeluarkan bilirubin dari tubuh bayi dan mengurangi kemungkinan bayi terkena penyakit kuning.
  8. Kolesterol yang tinggi dimana sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf bayi pada masa ini
  9. Kandungan gula dalam kolostrum bermanfaat untuk memberikan energi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan fisiknya.

Walaupun kolostrum yang dihasilkan sangat sedikit, tapi itu mencukupi kebutuhan bayi dengan perutnya yang masih kecil. Jadi tidak perlu khawatir Moms. Walaupun begitu, jika bayi memberikan tanda lapar atau ingin menyusu, jangan di tahan-tahan ya! Karena menyusui dengan frekuensi yang cukup sering di awal si kecil lahir bermanfaat untuk kelancaran produksi ASI kedepannya.


Moms, kolostrum itu sangat penting sehingga pastikan Moms menyusui si kecil di masa ini, jika kondisi dan kesehatan Moms memungkinkan. Bayi yang mengkonsumsi kolostrum memiliki antibodi yang lebih kuat loh! Semoga menyusuinya lancar ya Moms💙


References

Paddock, C. (2007, August 1). Why breastfeeding in the first hour of life is important. Medical News Today.

Murray, D. (2020, November 29). Colostrum is the milk your baby gets the first time You Breastfeed. Verywell Family. 

Murray, D. (2021, March 25). Surprising ways breast Milk Changes. Verywell Family. 

Approved by the BabyCenter India Medical Advisory Board. (n.d.). Colostrum: How does it help my newborn? BabyCenter India.

<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by jcomp - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang