Hal yang Perlu Diketahui oleh Mama Baru!

Hal yang Perlu Diketahui oleh Mama Baru!

Kehidupan akan banyak berubah ketika si kecil hadir di kehidupan, apalagi kalau anak pertama. Perasaan bingung, khawatir, bahagia, terharu, sedih, semuanya campur aduk. Sehari-hari gak bakalan sama lagi, pasti banyak perubahan yang akan dihadapi.


Moms yang sedang hamil atau baru melahirkan, khususnya lagi untuk anak pertama, pasti lagi sibuk baca dari berbagai blog atau buku mengenai parenting atau bertanya ke teman atau keluarga untuk tips and trick nya. Bener gak Moms


Jangan sampai lelah dan bosan untuk belajar ya Moms. Karena semakin dipersiapkan, Moms akan semakin paham apa saja yang perlu diketahui dan dipersiapkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui Moms untuk menyambut si kecil nanti:


Ketika Baru Melahirkan

  • Ketika baru melahirkan, lumrah jika banyak teman atau anggota keluarga yang ingin menjenguk. Hal ini bisa ditunda dan sebaiknya di awal bayi dilahirkan orang tua perlu meluangkan waktu untuk bonding dengan bayi. Bayi yang baru lahir biasanya sangat reseptif dan peka, ini adalah waktu yang tepat untuk menjalin ikatan dengan bayi. Perbanyak berbicara dan berdekatan secara fisik dengan bayi, dengan itu bayi dapat mengenal suara orang tuanya dan mungkin suara orang tua akan menenangkan baginya. Selain itu, ini juga bisa menjadi waktu untuk orang tua beristirahat dan beradaptasi dengan bertambahnya anggota keluarga baru.
  • Moms mungkin akan lebih banyak berkeringat dan buang air kecil setelah melahirkan. Hal ini terjadi karena tubuh mulai mengeluarkan berbagai cairan yang diproduksi selama kehamilan. Selain itu, mood juga lebih cepat berubah-ubah karena adanya perubahan hormon. Ini semua wajar dan banyak terjadi oleh para Moms kok.

Masa Menyusui

  • Jangan menunda-nunda untuk menyusui, karena di masa awal menyusui ada kolostrum yang punya banyak sekali manfaat. Pelajari tentang kolostrum di sini.
  • Belajar cara pelekatan menyusui yang benar. Pelekatan yang kurang sesuai bisa membuat puting bengkak dan iritasi, khawatirnya ini dapat menghambat proses ASI eksklusif. Hal ini memang butuh proses, jadi jangan menyerah ya Moms!
  • Buatlah tempat khusus untuk Moms menyusui dengan nyaman. Misalkan dengan tumpukan bantal atau bantal khusus menyusui, dekat TV agar Moms bisa sambil menonton TV, dan yang lainnya. Hal ini bertujuan agar proses menyusui lebih nyaman dan menyenangkan. Selain itu, Moms juga bisa membeli alat-alat yang dapat memudahkan Moms dalam proses menyusui seperti bra menyusui, pemijat payudara, dan lainnya.
  • Ada beberapa Moms yang tidak dapat memberikan ASI karena berbagai kondisi and it’s okay! Moms bisa konsultasikan ke dokter formula apa yang cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. Pastikan beri susu formula untuk bayi sesuai dengan umur dan jenis susu formulanya.

Sehari-hari dengan Anak

  • Poop bayi berwarna hitam? Itu wajar kok. Kotoran bayi yang baru lahir biasanya berwarna hitam dan lengket, biasa disebut mekonium. Moms bisa menggunakan krim popok atau minyak zaitun agar bisa membersihkannya dengan mudah. Fase ini akan berakhir pada waktunya dan kotoran akan berubah menjadi normal, warna kuning dan lebih berair.
  • Siapkan gendongan bayi atau baby carrier. Ini akan sangat bermanfaat untuk Moms karena dengan gendongan bayi, Moms bisa melakukan kegiatan lainnya sambil tetap berdekatan dengan bayi. Carilah gendongan yang dapat disesuaikan agar lebih nyaman digunakan dan bisa menyelamatkan Moms dari sakit punggung. Banyak merek dan jenisnya di luar sana, untuk mendapatkan yang sesuai, Moms memang harus mencobanya terlebih dahulu atau tanyakan rekomendasi kepada teman atau keluarga yang sudah berpengalaman.
  • Punya kursi makan bayi akan membantu! Bayi cenderung akan makan berantakan, berbagai makanan akan tumpah, sendok dan mangkuk tidak pada tempatnya, baju menjadi kotor, dan lainnya. Dengan memiliki kursi makan bayi, bayi punya ruang sendiri untuk makan, sehingga tidak tercecer kemana-mana dan posisi bayi juga tetap aman karena dengan kursi makan bayi, kemungkinan bayi akan terjatuh dari kursi sangatlah kecil. Pastikan kursi makan bayi dibersihkan secara berkala ya Moms.
  • Mainan bayi bisa bermanfaat bagi bayinya sendiri dan bahkan orang tuanya. Mainan bayi merupakan media yang bagus untuk merangsang indera bayi dan perkembangan bayi yang sehat. Selain itu, mainan bisa menjadi distraksi yang dapat membuat bayi senang ketika Moms perlu melakukan hal lain.

Memang banyak banget yang perlu dipersiapkan demi si kecil. Mulailah mencicil agar nantinya tidak kewalahan yaa Moms. Bertanya kepada teman dan keluarga yang pernah punya anak juga cara yang oke bannget untuk belajar. Welcome to the new life, Moms :D



References

Newborn baby bootcamp: Taking care of a newborn. Parents.

Yang, S. (2020, August 6). 14 new-mom must-haves no one tells you about.

Today's Parent (2017, January 26). Ask the midwife: 4 things new moms should know. Today's Parent. 

<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by javi_indy - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang