Cara Menjaga Kulit Tetap Lembab untuk Menghindari Kulit Kering

Cara Menjaga Kulit Tetap Lembab untuk Menghindari Kulit Kering

Moms pasti tahu dong kalau kulit yang tidak dijaga kelembabannya akan mengakibatkan kulit kering. Kulit yang kering dapat menyebabkan kulit terasa gatal dan iritasi. Kulit kering juga bisa mengakibatkan penuaan kulit yang lebih cepat seperti kulit keriput. Kelembaban yang kurang bisa disebabkan terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang kurang tepat, penuaan, dan kondisi medis tertentu.


Ada beberapa kandungan dalam skincare dan bodycare yang mampu menjaga kulit tetap lembab, yaitu

  1. Humektan — termasuk ceramides, gliserin, sorbitol, asam hialuronat, dan lesitin.
  2. Oklusif — termasuk petroleum jelly, silikon, lanolin, dan berbagai macam minyak
  3. Emolien — produk yang mengandung berbagai macam minyak, membuat produk lebih ringan dan lebih mudah diaplikasikan.

Secara umum, jika menggunakan produk yang teksturnya lebih thick dan berminyak, biasanya memiliki kandungan yang mampu melembabkan kulit lebih optimal.


Tenang Moms, menjaga kelembaban tubuh juga bisa dimulai dari kegiatan-kegiatan kecil kita sehari-hari kok! Berikut tips-tips untuk menjaga kulit tetap lembab


Jangan mandi terlalu lama 

Batasi waktu mandi Moms, cukup 5-10 menit saja. Hindari pula mandi dengan air panas, cukup air hangat saja. Karena hal-hal tersebut dapat menghilangkan minyak alami tubuh yang seharusnya berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuh.


Pilih sabun yang tepat

Hindari sabun yang mengandung alkohol dan parfume. Selain itu juga hindari mencuci pakaian dengan detergen yang mengandung parfume dan pelembut karena hal itu juga dapat menghilangkan minyak alami tubuh.


Perlakukan kulitmu dengan lembut

Jika mandi, hindari menggunakan spons mandi atau bahan yang berbahan kasar lainnya. Boleh, asalkan jangan terlalu sering ya Moms! Setelah mandi, cukup keringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk, jangan menggosoknya terlalu kasar.


Jangan menggaruk kulit

Jika kulit tidak dijaga kelembabannya yang menyebabkan kulit menjadi kering, biasanya kulit terasa gatal. Nah, kalau Moms mengalami yang seperti ini, jangan digaruk. Lebih baik mengaplikasikan pelembab karena pelembab dapat mengobrol rasa gatal. Atau bisa juga menggunakan kompres dingin jika muncul bintik-bintik gatal.


Berikan hidrasi pada kulit

Gunakan toner atau bilas dengan air terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pelembab. Gunanya agar pelembab bisa meresap lebih baik dan lebih cepat ke dalam kulit tubuh.


Konsumsi air mineral secara rutin

Mengaplikasikan pelembab langsung ke kulit itu baik, tetapi kita juga perlu memperhatikan kesehatan kulit dari dalam tubuh. Cara yang paling tepat bukanlah meminum air mineral yang banyak dalam satu waktu, melainkan minum air secara konsisten setiap waktu tertentu. Manfaatnya, hal ini dapat meningkatkan kesehatan di lapisan kulit. Dengan demikian, kulit akan lebih terjaga kelembabannya dan kehidrasiannya.


Jaga makanan yang dikonsumsi 

Makanan yang bagus untuk kesehatan kulit adalah makanan yang mengandung air yang lebih banyak, lemak yang tinggi, dan kaya akan antioksidan.


Jaga kelembaban ruangan di rumahmu

Tingkat kelembaban yang ideal adalah 40%- 50%. Salah satu cara untuk menjaga tingkat kelembaban di angka tersebut adalah dengan menggunakan humidifier di ruangan.  Tingkat kelembaban yang rendah dapat menyebabkan kulit kering dan gatal juga bibir yang pecah-pecah.


Sekarang Moms sudah tahu hal-hal yang mampu menjaga kelembaban kulit, mulai dari penggunaan skincare atau bodycare dan hal-hal kecil yang biasa kita lakukan setiap hari. Yuk Moms, mulailah menjaga kesehatan kulit dari sekarang!


References

(2016) How to moisturize your skin. In: Harvard Health. 

Engler A (2021) How to hydrate skin: 13 DERM-approved tips to keep skin moisturized. In: mindbodygreen.

<a href='https://www.freepik.com/photos/woman'>Woman photo created by cookie_studio - www.freepik.com</a>

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum tayang