Amankah Si Kecil Menggunakan Masker?

Amankah Si Kecil Menggunakan Masker?

Tak sedikit orang tua mempertanyakan keamanan penggunaan masker untuk si kecil. Aman gak sih kalau anak kita pakai masker?

Menurut WHO (World Health Organization) anak usia 5 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk menggunakan masker loh! Lalu untuk anak usia di bawah 5 tahun gimana? Untuk anak usia dibawah 5 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan masker, tapi ada waktu-waktu tertentu yang harus Moms perhatikan agar si kecil tetap aman dari penyebaran Covid-19 dan penyebaran virus lainnya, seperti ketika anak sedang berdekatan dengan orang yang sedang sakit. Namun pastikan Moms selalu ada di dekat si kecil ya selama penggunaan masker sehingga Moms bisa langsung melepas masker si kecil ketika situasi lingkungan sekitar sudah aman.

Apabila si kecil sedang melakukan aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, atau melakukan jenis olahraga lainnya, sebaiknya hindari penggunaan masker. Moms bisa menerapkan social distancing terhadap si kecil dengan minimal jarak satu meter dengan orang lain. Tentunya Moms harus bisa membatasi jumlah orang dalam satu ruangan di tempat si kecil berada. Sediakan juga sabun cuci tangan atau hand sanitizer agar si kecil selalu dalam kondisi tangan yang steril. 

Moms perlu tahu nih ada 2 fakta menarik tentang penggunaan masker untuk si kecil, penasaran? Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

  • Masker tidak akan menghambat pertumbuhan paru-paru pada anak. 
  • Masker memang menghalangi semprotan droplet atau air liur, namun tidak menghambat oksigen yang masuk. Karena itulah masker dapat melindungi paru-paru anak karena menghalangi masuknya droplet dari luar yang terinfeksi Covid-19.

  • Udara tidak akan sulit masuk ke dalam masker si kecil.
  • Oksigen dan karbondioksida memiliki ukuran yang sangat kecil, lebih kecil daripada lubang-lubang di masker medis sehingga oksigen dan karbondioksida memiliki ruang gerak bebas di masker medis. Hal ini menandakan oksigen tidak akan sulit masuk ke masker dan karbondioksida tidak akan terperangkap di dalam masker.

    Berbicara tentang masker, tentunya Moms sudah tahu kan dengan jenis masker yang beredar di pasaran saat ini? Yakni masker medis dan masker non-medis. Penggunaan masker medis dan non-medis ini bisa Moms terapkan untuk si kecil juga loh!

    Masker medis menciptakan penghalang yang mengurangi semprotan ludah dan tetesan droplet seseorang. Droplet ini berperan penting dalam penyebaran COVID-19 karena dapat membawa SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Masker juga dapat melindungi Moms dan keluarga dari orang yang mungkin mengidap virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala. 

    Selain itu ada pula Masker non-medis. Masker non-medis atau masker kain boleh digunakan jika lingkungan sekitar memiliki tingkat penyebaran Covid-19 yang rendah dan si kecil tidak memiliki penyakit yang rentan dengan organ pernapasan. Namun penggunaan masker medis lebih direkomendasikan karena dapat melindungi lebih baik lagi. Masker medis harus digunakan ketika lingkungan sekitar memiliki tingkat penyebaran Covid-19 yang tinggi dan dan jika kita memiliki resiko yang lebih rentan terinfeksi Covid-19, contohnya untuk umur lansia atau ada keluarga dekat kita yang terinfeksi Covid-19. Hal ini dikarenakan masker medis dibuat sedemikian rupa sehingga bahannya aman dan nyaman digunakan untuk bernafas dan tidak menghalangi oksigen yang dibutuhkan.

    Jadi Moms tidak perlu khawatir yaa, penggunaan masker aman digunakan untuk anak usia 5 tahun ke atas. Pastikan si kecil tahu bagaimana penggunaan masker yang benar. Jangan lupa, ketika anak sedang berolahraga atau beraktivitas fisik, himbau anak untuk lepas masker namun tetap menerapkan social distancing yaa!

    Referensi

    Dickinson, K. M., & Guilbert, T. W. (2021, May 8). Mask mythbusters: Common questions about kids & face masks. HealthyChildren.org. 

    Face Masks for Children During COVID-19. HealthyChildren.org. (2021, May 26). 

    World Health Organization. (2020, August 21). Coronavirus disease (covid-19): Children and masks. World Health Organization. 

    <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by jcomp - www.freepik.com</a>

    Tinggalkan komentar

    Komentar harus disetujui sebelum tayang